Pada tanggal 7 Maret 2024, Kabupaten Pesisir Selatan dilanda hujan deras yang mengakibatkan banjir di 11 kecamatan. Wilayah tersebut juga mengalami longsor serta terputusnya akses jalan dari Padang ke Painan dan Painan ke Batang Kapas. Akibat dari bencana ini, ribuan rumah warga terendam air dan kerugian yang ditimbulkan belum dapat diprediksi.

Menurut laporan BPBD Pesisir Selatan, hujan lebat telah menyebabkan banjir dan longsor di 11 kecamatan. Beberapa wilayah bahkan ketinggian airnya mencapai lebih dari satu meter. Terdapat juga informasi adanya longsor di Sungai Lundang Kecamatan XI Koto Tarusan yang dekat dengan rumah makan Rang Linggo. Akses jalan dari Padang ke Painan tidak bisa dilewati karena tertimbun material longsor dan dikabarkan telah menyeret 3 mobil.

Kondisi tersebut membuat situasi di Kabupaten Pesisir Selatan menjadi kritis, namun masyarakat setempat tetap berusaha untuk bertahan dan mengatasi bencana ini. Ketua Umum IKRAP Jakarta, Kol. Kum Ade Rustian, menyampaikan ucapan turut berdukacita atas musibah banjir tersebut.

Dalam bencana ini, terdapat 11 kecamatan yang terdampak, yaitu XI Koto Tarusan, Bayang, IV Jurai, Batang Kapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Basa Ampek Balai, Ranah Ampek Hulu, dan Lunang. Banjir dan longsor yang menghantam wilayah tersebut membuat akses ke beberapa daerah terputus, seperti jalan dari Bengkulu ke Painan yang tidak bisa dilalui kendaraan karena banjir di Tapan dan jalan dari Painan ke Batang Kapas yang terputus akibat longsor di bukit Pulai.

Pemerintah dan pihak berwenang telah berupaya untuk menangani dan memulihkan situasi di Kabupaten Pesisir Selatan. Namun, dibutuhkan juga bantuan dan dukungan dari semua pihak untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana ini. Semoga bencana ini segera berlalu dan masyarakat dapat kembali pulih dari kerugian yang ditimbulkan. Mari kita saling bahu-membahu dan berdoa untuk keadaan yang lebih baik di Kabupaten Pesisir Selatan.

VIDEO GALERI

FOTO GALERI

About the Author

Swante Adi Krisna, S.H.

Collaborator & Editor

Website Programmer Autodidak sejak 2003, Graphic Designer Autodidak sejak 2002, Blogger sejak 2008, Jamaican Music Enthusiast sejak 2005, Gooners sejak 1998, Sarjana Hukum Pidana, dan sekarang Bagian Keluarga Besar Biro Hukum Kementerian Pertahanan.

View All Articles