Perkumpulan Ikatan Keluarga Ranah Pesisir Jakarta yang disingkat dengan IKRAP Jakarta resmi didirikan dan dikukuhkan pada tanggal 29 Oktober 2023. Acara peresmian dan pengukuhan ini berlangsung di Klub Eksekutif Persada Halim Perdanakusuma Jakarta Timur. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat mempererat ikatan silaturahmi antar keluarga Ranah Pesisir yang berada di Jakarta.

Pada tanggal 26 Oktober 2023, IKRAP Jakarta secara resmi tercatat sebagai Badan Hukum Perkumpulan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Nomor AHU-0009824.AH.01.07. Hal ini menandakan bahwa IKRAP Jakarta telah memenuhi persyaratan hukum yang berlaku dan diakui secara resmi sebagai organisasi yang sah.

Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat merupakan daerah yang dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pantai-pantai yang memikat. Kabupaten ini terdiri dari 15 kecamatan dan 182 nagari, dengan luas wilayah mencapai 5.749,89 km2. Kabupaten Pesisir Selatan menjadi tempat asal banyak keluarga Ranah Pesisir yang merantau ke Jakarta untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

Salah satu dari kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan adalah kecamatan Ranah Pesisir yang memiliki 10 nagari. Nagari-nagari tersebut antara lain Nagari Palangai, Nagari Palangai Kaciak, Nagari Palangai Gadang, Nagari Koto VIII Palangai, Nagari Nyiur Melambai Palangai, Nagari Pasia Palangai, Nagari Sungai Liku Palangai, Nagari Sungai Tunu, Nagari Sungai Tunu Utara, dan Nagari Sungai Tunu Barat.

Sebelum terjadi pemekaran wilayah, nagari-nagari seperti Lagan, Punggasan, dan Air Haji merupakan bagian dari kecamatan Ranah Pesisir. Namun sekarang, wilayah-wilayah tersebut masuk ke dalam kecamatan Linggo Sari Baganti. Meskipun terpisah secara administratif, tetapi ikatan dan hubungan emosional antar keluarga Ranah Pesisir tetap terjalin kuat.

Ketua Umum Kolonel (Kum) Ade Rustian berharap dengan adanya website irapjakarta.com, keluarga besar Ranah Pesisir yang berada di Jakarta dapat aktif bergabung dengan perkumpulan IKRAP Jakarta. Selain sebagai sarana untuk silaturahmi, website ini juga dapat menjadi tempat untuk berbagi informasi, baik itu seputar pekerjaan, usaha, dan lain sebagainya. Dengan demikian, diharapkan dapat memperkokoh dan memperluas jaringan serta kemajuan bagi semua anggota IKRAP Jakarta.

IKRAP Jakarta juga berkomitmen untuk tetap menjaga dan melestarikan adat dan budaya Ranah Pesisir. Sebagai wadah silaturahmi dan pertukaran informasi, perkumpulan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan kebudayaan Ranah Pesisir kepada masyarakat Jakarta. Selain itu, IKRAP Jakarta juga akan berperan aktif dalam kegiatan sosial dan kegiatan lainnya yang dapat memajukan daerah asal keluarga Ranah Pesisir.

Dengan adanya perkumpulan IKRAP Jakarta, diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan antar keluarga Ranah Pesisir serta memperkuat kedekatan dengan daerah asal. Selain itu, diharapkan juga dapat menjadi wadah untuk membangun sinergi dan kolaborasi dalam berbagai bidang, termasuk dalam pembangunan daerah asal keluarga Ranah Pesisir yang lebih maju dan sejahtera.

Ade Rustian menambahkan bahwa Perkumpulan Ikatan Keluarga Ranah Pesisir Jakarta (IKRAP Jakarta) telah membuat kalender tahun 2024 sebagai langkah untuk memperkuat silaturahmi dan memperkenalkan visi dan misi perkumpulan tersebut kepada anggota dan masyarakat di Ranah Pesisir. Kalender ini merupakan edisi perdana sejak IKRAP Jakarta didirikan pada tanggal 29 Oktober 2023.

Dalam kalender tersebut, terdapat berbagai foto kegiatan yang telah dilaksanakan oleh IKRAP Jakarta selama tahun 2024. Selain itu, terdapat pula penjelasan mengenai visi dan misi perkumpulan yang bertujuan untuk memperkuat ikatan persaudaraan antar anggota dan melestarikan adat dan budaya Ranah Pesisir yang kaya dan unik.

Kalender ini tidak hanya dibagikan kepada anggota yang berada di wilayah Jabodetabekarci Banten, namun juga kepada nagari-nagari dan masjid di Ranah Pesisir. Hal ini dilakukan dengan harapan agar kalender tersebut dapat menjadi jembatan penghubung antara perkumpulan dengan anggota di rantau dan nagari-nagari di Ranah Pesisir.

Beberapa kantor nagari yang telah menerima kalender tersebut antara lain Kantor Wali Nagari Pelangai, Kantor Wali Nagari Koto VIII Pelangai, Kantor Wali Nagari Nyiur Malambai, Kantor Wali Nagari Sungai Liku, Kantor Wali Nagari Pasir Pelangai, Kantor Wali Nagari Pelangai Gadang, Kantor Wali Nagari Pelangai Kecil, Kantor Wali Nagari Sungai Tunu, Kantor Wali Nagari Sungai Tunu Utara, dan Kantor Wali Nagari Sungai Tunu Barat. Sementara itu, beberapa mesjid dan mushallah yang telah menerima kalender tersebut antara lain Mesjid Nurul Hikmah, Mesjid Jamik Nurul Islam, Mesjid Istiqomah, Mesjid Jamaatul Islam, Mesjid Taqwa, Mesjid Silahturahmi, Mesjid Darul Mizan Teratak Panas, Mesjid Istiqlal, Mesjid Khairul Amal, Mushallah Nurul Amal, Mesjid Al-Qubra, Mesjid dan Mushallah di Sungai Tunu Barat, Mesjid Narul Huda, Mesjid Raya Takwa, Mesjid Al-Manar, Mesjid Jamiatul Ikhsan, Mesjid Baiturahman, Baiturrahim, dan Nurul Yakin.

Dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan, IKRAP Jakarta berharap dapat tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang kuat dan memberikan dampak positif bagi semua anggotanya. Dengan adanya kalender ini, diharapkan dapat memperkuat ikatan silaturahmi antara perkumpulan dengan anggota di rantau dan nagari-nagari di Ranah Pesisir.

Sebagai penutup, Ade Rustian menyerukan agar seluruh anggota IKRAP Jakarta dapat bersama-sama membangun dan memperkuat ikatan silaturahmi serta melestarikan adat dan budaya Ranah Pesisir yang kaya dan unik. Selamat bergabung di IKRAP Jakarta, tempat mengukuhkan persaudaraan dan memperkuat kebanggaan sebagai keluarga Ranah Pesisir. Dengan adanya perkumpulan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di Ranah Pesisir dan juga sebagai wadah untuk mempererat hubungan antar keluarga Ranah Pesisir yang tersebar di berbagai daerah.

VIDEO GALERI

BALAI SELASA | RANAH PESISIR | PESISIR SELATAN - HUBSAN ZINO PRO | CINEMATIC VIDEO [VIDEO KOSONG]


Penjelasan video "BALAI SELASA | RANAH PESISIR | PESISIR SELATAN - HUBSAN ZINO PRO | CINEMATIC VIDEO" oleh NELDI Stories dengan penjelasan:

Cinematic Video langit Balai Selasa Ranah Pesisir Pesisir Selatan SUMATERA BARAT Drone.unboxing drone.hubsan zino pro 4k 3axis gimbal camera . . . . . #BalaiSelasa #NeldiStories #HubsanZinoPro.

Video berjudul "BALAI SELASA | RANAH PESISIR | PESISIR SELATAN - HUBSAN ZINO PRO | CINEMATIC VIDEO" diunggah oleh NELDI Stories. Video ini merupakan urutan ke-236 (Dua ratus tiga puluh enam) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 3570 (Tiga ribu lima ratus tujuh puluh) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-0 (Kosong) dari artikel ini.

PERJALANAN DI BALAI SALASA KEC. RANAH PESISIR - PESISIR SELATAN, KAMPUANG SIA KO SANAK? [VIDEO SATU]


Penjelasan video "PERJALANAN DI BALAI SALASA KEC. RANAH PESISIR - PESISIR SELATAN, KAMPUANG SIA KO SANAK?" oleh Kaliliang Pasisia dengan penjelasan:

#LAGUMINANG #PESISIRSELATAN #SUMBAR.

Video berjudul "PERJALANAN DI BALAI SALASA KEC. RANAH PESISIR - PESISIR SELATAN, KAMPUANG SIA KO SANAK?" diunggah oleh Kaliliang Pasisia. Video ini merupakan urutan ke-237 (Dua ratus tiga puluh tujuh) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 4789 (Empat ribu tujuh ratus delapan puluh sembilan) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-1 (Satu) dari artikel ini.

RANAH PESISIR [VIDEO DUA]


Penjelasan video "RANAH PESISIR" oleh JALAN NAGARI MINANG dengan penjelasan:

perjalanan dari painan menuju balai selasa kecamatan ranah pesisir part 7 dalam video ini perjalanan berada di lakitan berakir di balai selasa kecamatan ranah pesisir #ranahpesisir video sebelumnya….

Video berjudul "RANAH PESISIR" diunggah oleh JALAN NAGARI MINANG. Video ini merupakan urutan ke-238 (Dua ratus tiga puluh delapan) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 265 (Dua ratus enam puluh lima) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-2 (Dua) dari artikel ini.

FOTO GALERI

About the Author

Swante Adi Krisna, S.H.

Collaborator & Editor

Website Programmer Autodidak sejak 2003, Graphic Designer Autodidak sejak 2002, Blogger sejak 2008, Jamaican Music Enthusiast sejak 2005, Gooners sejak 1998, Sarjana Hukum Pidana, dan sekarang Bagian Keluarga Besar Biro Hukum Kementerian Pertahanan.

View All Articles