Pada tanggal 23 Februari 2024, Kepala Subbagian Arbitrase dan Uji Materi Biro Hukum Kementerian Pertahanan RI merayakan ulang tahun Beliau. Acara perayaan ulang tahun tersebut diadakan di ruang kerja Bagian Advokasi Hukum I yang berlokasi di kantor Biro Hukum Kementerian Pertahanan RI.


Meskipun saat itu ada beberapa staff yang sedang berdinas luar dan tugas belajar, namun beberapa rekan kerja Beliau tetap mempersiapkan kejutan dengan memberikan kado berupa kue ulang tahun sebagai tanda ucapan selamat dan apresiasi atas kinerja yang telah ditunjukkan oleh Kepala Subbagian Arbitrase dan Uji Materi.

Perayaan ulang tahun ini juga sekaligus menjadi momentum untuk mengingat kembali peran dan tugas yang diemban oleh Kepala Subbagian Arbitrase dan Uji Materi dalam menjalankan tugasnya di Kementerian Pertahanan RI. Hal ini sesuai dengan Pasal 72 Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pertahanan yang menyebutkan bahwa Kepala Subbagian Arbitrase dan Uji Materi merupakan salah satu anggota di bawah Kepala Biro Hukum Kementerian Pertahanan RI yang memiliki tugas memimpin dan mengkoordinasikan Subbagian Arbitrase dan Uji Materi.

Kepala Subbagian Arbitrase dan Uji Materi sendiri lebih dikenal dengan sebutan Kasubbag Arbitu. Dia bertanggung jawab atas penyusunan bahan perumusan dan kelengkapan administrasi serta melaksanakan pengajuan upaya hukum luar biasa serta penanganan perkara di Badan arbitrase nasional maupun internasional. Selain itu, Kasubbag Arbitu juga memiliki tugas untuk melakukan uji materi terhadap peraturan perundang-undangan ke Mahkamah Agung atau Mahkamah Konstitusi dan juga bertanggung jawab dalam koordinasi pelaksanaan putusan yang dikeluarkan oleh kedua lembaga tersebut.

Subbagian Arbitrase dan Uji Materi sendiri lebih dikenal dengan sebutan Bag Arbitu. Bag Arbitu merupakan salah satu unit di bawah Kepala Biro Hukum Kementerian Pertahanan RI yang berfokus pada penanganan perkara-perkara di bidang arbitrase dan uji materi. 

Dalam perkembangan pesat dunia bisnis dan perdagangan yang didukung oleh perkembangan teknologi, yurisdiksi antar negara menjadi semakin kabur. Kementerian Pertahanan RI dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan baik dari dalam maupun luar negeri, begitu pula sebaliknya perusahaan dapat menjalin kerja sama dengan Kementerian Pertahanan RI. Namun, dampak dari semakin masifnya kerjasama ini adalah kemungkinan terbukanya peluang untuk terjadinya sengketa, yang sangat sulit dihindari. 

Dengan adanya Bag Arbitu, diharapkan dapat memberikan perlindungan hukum yang maksimal bagi Kementerian Pertahanan RI dan memastikan keadilan dalam penyelesaian sengketa yang melibatkan pihak-pihak dari dalam dan luar negeri.

Meskipun tugas dan tanggung jawab Kepala Subbagian Arbitrase dan Uji Materi tidaklah mudah, namun dia tetap menunjukkan kebahagiaannya dalam merayakan ulang tahun yang sederhana tersebut. Walaupun tanpa kehadiran beberapa rekan kerjanya, namun hal tersebut tidak mengurangi kebahagiaan yang dirasakan oleh Kepala Subbagian Arbitrase dan Uji Materi.

Saat ini, tugas yang diemban oleh Kepala Subbagian Arbitrase dan Uji Materi semakin kompleks dan banyak tantangan yang harus dihadapi. Namun, dengan semangat dan dedikasinya yang tinggi, diharapkan Kepala Subbagian Arbitrase dan Uji Materi dapat terus menghadapi tantangan yang datang silih berganti untuk menjaga keadilan dan memberikan perlindungan hukum yang optimal bagi Kementerian Pertahanan RI.

Kami semua turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kepala Subbagian Arbitrase dan Uji Materi Biro Hukum Kementerian Pertahanan RI. Semoga selalu diberikan kesehatan, kekuatan, dan kesuksesan dalam menjalankan tugasnya serta tetap tabah menghadapi tantangan yang datang. Teruslah memberikan yang terbaik bagi Kementerian Pertahanan RI dan bangsa Indonesia. Selamat ulang tahun Kasubbag Arbitu!


VIDEO GALERI

BANI DAN ARBITRASE INTERNASIONAL [VIDEO KOSONG]


Penjelasan video "BANI DAN ARBITRASE INTERNASIONAL" oleh BANI Arbitration Center dengan penjelasan:

Kebangkitan Arbitrase Indonesia.

Video berjudul "BANI DAN ARBITRASE INTERNASIONAL" diunggah oleh BANI Arbitration Center. Video ini merupakan urutan ke-219 (Dua ratus sembilan belas) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 1863 (Seribu delapan ratus enam puluh tiga) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-0 (Kosong) dari artikel ini.

BAGAIMANA MEMAHAMI HUKUM ACARA ARBITRASE INTERNASIONAL & HUKUM ACARA ARBITRASE NASIONAL? [VIDEO SATU]


Penjelasan video "BAGAIMANA MEMAHAMI HUKUM ACARA ARBITRASE INTERNASIONAL & HUKUM ACARA ARBITRASE NASIONAL?" oleh zaky ihsan dengan penjelasan:

Mari kita pahami proses persidangan arbitrase yang pada hakikatnya sama dengan proses persidangan di pengadilan perdata . #Arbitrase #FakultasHukum #ADR.

Video berjudul "BAGAIMANA MEMAHAMI HUKUM ACARA ARBITRASE INTERNASIONAL & HUKUM ACARA ARBITRASE NASIONAL?" diunggah oleh zaky ihsan. Video ini merupakan urutan ke-220 (Dua ratus dua puluh) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 477 (Empat ratus tujuh puluh tujuh) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-1 (Satu) dari artikel ini.

APA ITU ARBITRASE ? [VIDEO DUA]


Penjelasan video "APA ITU ARBITRASE ?" oleh BANI Arbitration Center dengan penjelasan:

Kebangkitan Arbitrase Indonesia.

Video berjudul "APA ITU ARBITRASE ?" diunggah oleh BANI Arbitration Center. Video ini merupakan urutan ke-221 (Dua ratus dua puluh satu) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 11424 (Sebelas ribu empat ratus dua puluh empat) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-2 (Dua) dari artikel ini.

HUKUM INTERNASIONAL | ARBITRASE INTERNASIONAL ATAU ASING? [VIDEO TIGA]


Penjelasan video "HUKUM INTERNASIONAL | ARBITRASE INTERNASIONAL ATAU ASING?" oleh i.lawbrary dengan penjelasan:

Arbitrase merupakan salah satu mekanisme penyelesaian sengketa yang dapat ditempuh oleh para pihak yang bersengketa. Metode ini bisa dilakukan di dalam atau luar negeri. Lalu apakah yang dimaksud….

Video berjudul "HUKUM INTERNASIONAL | ARBITRASE INTERNASIONAL ATAU ASING?" diunggah oleh i.lawbrary. Video ini merupakan urutan ke-222 (Dua ratus dua puluh dua) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 641 (Enam ratus empat puluh satu) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-3 (Tiga) dari artikel ini.

ARBITRASE: PENYELESAIAN SENGKETA DI LUAR PENGADILAN [VIDEO EMPAT]


Penjelasan video "ARBITRASE: PENYELESAIAN SENGKETA DI LUAR PENGADILAN" oleh Rumah Kuorum dengan penjelasan:

Pengertian arbitrase adalah cara penyelesaian suatu sengketa perdata di luar pengadilan umum yang didasarkan pada Perjanjian Arbitrase yang dibuat secara tertulis oleh para pihak yang bersengketa.….

Video berjudul "ARBITRASE: PENYELESAIAN SENGKETA DI LUAR PENGADILAN" diunggah oleh Rumah Kuorum. Video ini merupakan urutan ke-223 (Dua ratus dua puluh tiga) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 9488 (Sembilan ribu empat ratus delapan puluh delapan) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-4 (Empat) dari artikel ini.

FOTO GALERI

FOTO KESATU

FOTO KEDUA

FOTO KETIGA

About the Author

Swante Adi Krisna, S.H.

Collaborator & Editor

Website Programmer Autodidak sejak 2003, Graphic Designer Autodidak sejak 2002, Blogger sejak 2008, Jamaican Music Enthusiast sejak 2005, Gooners sejak 1998, Sarjana Hukum Pidana, dan sekarang Bagian Keluarga Besar Biro Hukum Kementerian Pertahanan.

View All Articles