Hidup yang 'sak madyo', saya tafsirkan sebagai hidup yang tau diri, termasuk tau akan kelemahan kita. Kalimat bijak di atas adalah salah satu nasehat atau petuah dari Kepala Biro Hukum Marsekal Pertama T.N.I. Yuwono Agung Nugroho SH MH kepada penulis. Beliau adalah sosok yang sudah banyak berpengalaman di bidang hukum dan memiliki pemikiran yang mendalam tentang arti hidup yang sebenarnya.

Pada hari ini, tanggal 14 Juni 2022, Kepala Biro Hukum Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Marsekal Pertama T.N.I. Yuwono Agung Nugroho SH MH, merayakan ulang tahunnya. Para Kepala Bagian, Analis Madya, Kepala Subbagian beserta staf Biro Hukum Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan berencana untuk memberikan sebuah kejutan kecil untuk beliau. Hal ini merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan atas dedikasi dan pengabdian beliau selama ini dalam memimpin Biro Hukum.

Tidak hanya itu, hari ulang tahun Kepala Biro Hukum juga bertepatan dengan pembukaan Pekan Olahraga Kementerian Pertahanan. Sehingga sebelum acara pembukaan dimulai, kami berkumpul di lorong untuk bersiap menyambut kedatangan beliau. Tidak lama setelah menyalakan lilin pada roti ulang tahun Kepala Biro, saat yang ditunggu akhirnya datang juga. Pintu lift terbuka, beliau berjalan memasuki lorong tanpa menyadari rencana yang kami persiapkan. Secara serempak kami menyanyikan lagu ulang tahun untuk beliau, yang dilanjutkan dengan acara memotong kue ulang tahun dan memakannya secara bersama-sama.

Kepala Biro Hukum Marsekal Pertama TNI Yuwono Agung Nugroho merupakan salah satu putra terbaik dari kota Wonogiri, Jawa Tengah, yang telah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Sebelas Maret (UNS) dan melanjutkan karirnya sebagai seorang prajurit karier Tentara Nasional Indonesia (PAPK).

Setelah menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Padjajaran (UNPAD), Yuwono Agung Nugroho saat ini sedang menyelesaikan gelar Doktor Ilmu Hukum di UNPAD. Hal ini menunjukkan dedikasi dan semangat beliau dalam mengejar ilmu pengetahuan yang lebih tinggi, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi bangsa dan negara.

Pada tanggal 30 Oktober 2019, beliau mendapat kehormatan yang luar biasa dengan diangkat sebagai Kepala Biro Hukum (Karokum) di Setjen Kemhan melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1245/X/2019. Surat Keputusan ini merupakan penghargaan yang sangat membanggakan dan menunjukkan kepercayaan yang tinggi dari pihak TNI terhadap kemampuan dan kinerja Yuwono Agung Nugroho.

Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Sekretaris Dinas Hukum TNI-AU (Sesdiskumau) dan kini dipercaya untuk menjadi Karokum, jabatan sama yang pernah diemban oleh Marsda TNI Dr. Bambang Eko S., S.H., M.H. yang telah memasuki masa pensiun.

Sebagai Karokum, Yuwono Agung Nugroho memiliki tugas utama untuk merumuskan kebijakan teknis di bidang advokasi hukum di pengadilan maupun di luar pengadilan, perjanjian, analisis dan penyuluhan hukum di lingkungan Kemhan. Biro Hukum yang dipimpinnya memiliki fungsi penting dalam menyelenggarakan perumusan kebijakan di bidang advokasi hukum, penanganan advokasi hukum di pengadilan maupun di luar pengadilan, penanganan perjanjian, analisis dan penyuluhan hukum, serta pengelolaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan Biro.

Biro Hukum yang dipimpin oleh Yuwono Agung Nugroho juga bertugas untuk melakukan koordinasi dan kerja sama dengan berbagai lembaga yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan hukum di lingkungan Kemhan. Hal ini menunjukkan bahwa beliau tidak hanya memiliki kemampuan di bidang hukum, tetapi juga kemampuan dalam membangun kerja sama yang baik dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan yang sama.

Sebagai seorang pemimpin, Yuwono Agung Nugroho juga diharapkan untuk dapat memberikan teladan yang baik bagi bawahannya dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya. Keberhasilan beliau dalam mengelola Biro Hukum akan sangat berpengaruh pada keberhasilan tugas dari seluruh anggota Biro.

Dalam mengemban tugasnya sebagai Karokum, Yuwono Agung Nugroho juga diharapkan untuk tetap konsisten dalam menjaga integritas dan kejujuran sebagai seorang prajurit TNI. Hal ini menjadi sangat penting mengingat posisi dan tugas beliau yang sangat strategis dalam bidang hukum.

Di penghujung tulisan ini, penulis dengan rendah hati mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kepala Biro Hukum Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Marsekal Pertama T.N.I. Yuwono Agung Nugroho, SH., MH. Semoga beliau diberikan umur yang panjang, rezeki yang melimpah, serta kekuatan dan ketabahan untuk terus memimpin Biro Hukum. Beliau adalah sosok yang sangat dihormati oleh seluruh staf Biro Hukum karena kepemimpinannya yang bijaksana dan inspiratif.

Pengalaman Kepala Biro Hukum dalam dunia pendidikan memiliki kedudukan yang sangatlah penting, sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Oliver Wandell Holmes, seorang Hakim Agung Amerika Serikat, yang mengatakan bahwa "life law is has not been logic, it's experience". Pendapat Holmes tersebut menekankan arti pentingnya pengalaman sebagai masukan dalam upaya mengembangkan penalaran hukum. Dengan demikian, pemikiran-pemikiran yuridis bisa lebih realistik dan relevan dengan kondisi sosial yang ada.

Sebagai seorang akademisi dan praktisi hukum, Kepala Biro Hukum memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga keutuhan dan keadilan hukum di Indonesia. Beliau adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam pengembangan ilmu hukum di tanah air, dan telah memberikan kontribusi yang besar dalam menciptakan generasi muda yang cerdas dan berintegritas di bidang hukum.

Dalam penanganan dan penyelesaian perkara, Kepala Biro Hukum selalu mengedepankan pemikiran yang tidak hanya berfokus pada putusan tentang akibat hukumnya, tetapi juga memperhatikan akibat sosial yang mungkin timbul dari keputusan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa beliau tidak hanya pandai secara akademis, tetapi juga memiliki kepekaan dan empati yang tinggi terhadap masyarakat.

Semoga dengan kelancaran dalam menyelesaikan disertasinya, Kepala Biro Hukum dapat lebih mengamalkan pengetahuan dan pengalaman beliau di bidang ilmu hukum kepada generasi muda yang nantinya akan menjadi pondasi kokoh dari bangsa dan negara ini. Kita berharap agar beliau terus memberikan kontribusi yang positif dan membanggakan bagi kemajuan hukum di Indonesia.

Terakhir, mari kita semua mengambil hikmah dari kalimat bijak yang diucapkan oleh Kepala Biro Hukum, yaitu hidup yang 'sak madyo'. Hidup yang penuh dengan rasa tau diri, termasuk tau akan kelemahan kita, akan membawa kita ke arah yang lebih baik. Kita harus selalu bersyukur atas segala pengalaman yang kita dapatkan, baik itu positif maupun negatif, karena semuanya akan menjadi pembelajaran yang berharga bagi kehidupan kita. Selamat ulang tahun Kepala Biro Hukum, semoga segala cita-cita dan harapan beliau dapat tercapai, dan selalu menjadi panutan bagi kita semua.

FAQ:

Siapakah Karokum Marsma Yuwono Agung Nugroho?

Karokum Marsma Yuwono Agung Nugroho adalah Kepala Biro Hukum Marsekal Pertama TNI yang merayakan ulang tahun pada tanggal 14 Juni 2022.

Mengapa Hari Ulang Tahun Karokum Marsma Yuwono Agung bertepatan dengan Pekan Olahraga Kementerian Pertahanan?

Karena Hari Ulang Tahun Karokum Marsma Yuwono Agung yang jatuh pada tanggal 14 Juni juga merupakan hari yang sama dengan Pekan Olahraga Kementerian Pertahanan.

Apa yang dilakukan oleh Para Kepala Bagian, Analis Madya, Kepala Subbagian, dan staf Biro Hukum untuk merayakan ulang tahun Karokum Marsma Yuwono Agung?

Mereka merencanakan sebuah kejutan kecil dan menyanyikan lagu ulang tahun untuk beliau bersama-sama. Selain itu, mereka juga memotong dan memakan kue ulang tahun bersama-sama.

Dari mana asal Karokum Marsma Yuwono Agung?

Karokum Marsma Yuwono Agung berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah.

Di mana Karokum Marsma Yuwono Agung menuntut ilmu?

Karokum Marsma Yuwono Agung merupakan alumni S1 Universitas Sebelas Maret (UNS) dan S2 Universitas Padjajaran (UNPAD).

Apa yang sedang ditempuh oleh Karokum Marsma Yuwono Agung saat ini?

Saat ini Karokum Marsma Yuwono Agung sedang menyelesaikan gelar Doktor Ilmu Hukum di UNPAD.

Apa pesan yang ingin disampaikan oleh para staf Biro Hukum kepada Karokum Marsma Yuwono Agung?

Para staf Biro Hukum ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada Karokum Marsma Yuwono Agung yang telah memberikan banyak kontribusi dan dedikasi untuk Kementerian Pertahanan. Semoga kehadiran beliau selalu memberikan semangat dan kekuatan bagi mereka untuk terus bekerja dengan baik.

VIDEO GALERI

DAFTAR NAMA 51 JENDERAL TNI YANG NAIK PANGKAT [VIDEO KOSONG]


Penjelasan video "DAFTAR NAMA 51 JENDERAL TNI YANG NAIK PANGKAT" oleh Tribun MedanTV dengan penjelasan:

https://medan.tribunnews.com/2019/11/21/daftar-nama-51-jenderal-tni-yang-naik-pangkat TRIBUN-MEDAN. COM - 51 Perwira Tinggi TNI yang menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat….

Video berjudul "DAFTAR NAMA 51 JENDERAL TNI YANG NAIK PANGKAT" diunggah oleh Tribun MedanTV. Video ini merupakan urutan ke-212 (Dua ratus dua belas) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 13752 (Tiga belas ribu tujuh ratus lima puluh dua) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-0 (Kosong) dari artikel ini.

FOTO GALERI

FOTO KESATU

FOTO KEDUA

FOTO KETIGA

FOTO KEEMPAT

FOTO KELIMA

FOTO KEENAM

FOTO KETUJUH

FOTO KEDELAPAN

FOTO KESEMBILAN

FOTO KESEPULUH

About the Author

Swante Adi Krisna, S.H.

Collaborator & Editor

Website Programmer Autodidak sejak 2003, Graphic Designer Autodidak sejak 2002, Blogger sejak 2008, Jamaican Music Enthusiast sejak 2005, Gooners sejak 1998, Sarjana Hukum Pidana, dan sekarang Bagian Keluarga Besar Biro Hukum Kementerian Pertahanan.

View All Articles