Di tengah gemerlapnya ibu kota Indonesia, Jakarta, terdapat Monumen Nasional atau yang sering disebut Monas. Namun tak kalah menarik, Kota Bogor yang juga terletak di Jawa Barat memiliki ikon yang tidak kalah menarik, yaitu Tugu Kujang. Tugu Kujang merupakan sebuah monumen yang berdiri tegap di tengah Kota Bogor dan sangat terkenal di kalangan warga sekitar maupun wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Tugu Kujang memiliki bentuk yang unik, menyerupai senjata pusaka suku Sunda, yaitu kujang yang berasal dari Jawa Barat. Tugu ini berdiri di antara pertemuan jalan Pajajaran dan Otto Iskandardinata, dan dapat dengan mudah diakses dari tol Jagorawi. Jika Anda mengemudi dari tol tersebut sekitar 250 meter, maka Tugu Kujang akan terlihat di sebelah kanan jalan.

Monumen yang dibangun pada tanggal 4 Mei 1982 ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dan berdiri di atas lahan seluas 26 m x 23 m yang berbentuk segitiga. Lahan dimana Tugu Kujang berdiri merupakan lokasi yang sangat strategis, berada di depan Botani Square atau di sebelah Kebun Raya Bogor. Tak heran jika sekitar tugu ini terdapat banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi, seperti pusat pemerintahan, tempat rekreasi keluarga, pendidikan, bisnis, perbelanjaan, dan kuliner. Bahkan, tempat ini juga sarat akan nilai sejarahnya.

Botani Square dan Kebun Raya Bogor adalah dua tempat yang sangat terkenal di Kota Bogor dan tak jauh dari Tugu Kujang. Botani Square adalah sebuah pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai macam produk dan hiburan yang menarik. Sementara itu, Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani yang dikenal sebagai tempat wisata yang menyenangkan dan edukatif. Keduanya berada di lokasi yang sangat strategis, yaitu di persimpangan jalur depan pintu masuk Mall Botani Square dan Kebun Raya Bogor.

Lokasi Tugu Kujang juga sangat dekat dengan Botani Square dan Kebun Raya Bogor, sehingga sangat mudah untuk sampai ke sana. Selain itu, tempat ini juga dekat dengan pool Damri Bandara Soekarno-Hatta dan Terminal Baranangsiang. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kota Bogor, tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari akomodasi, karena di sekitar Tugu Kujang banyak terdapat hotel yang menyediakan fasilitas menginap yang memadai.

Tak hanya itu, di bawah Tugu Kujang terdapat taman kecil yang sangat cocok untuk bersantai dan berswafoto. Banyak warga yang sering mengunjungi taman ini untuk menikmati suasana yang tenang dan menikmati keindahan Tugu Kujang dari dekat. Taman ini juga sering digunakan oleh warga untuk berolahraga, berjalan-jalan pagi, dan menikmati wisata kuliner di sekitar Tugu Kujang.

Di dekat Tugu Kujang, terdapat sebuah bangunan yang dikenal sebagai Lawang Dasakerta atau Lawang Salapan. Bangunan ini menjadi ikon baru yang berdiri bersama dengan Tugu Kujang yang terkenal. Lawang Salapan sendiri adalah simbol dari filosofi Pakuan Pajajaran yang dikenal dengan silih asih, silih asah, dan silih asuh. Ketiga sikap ini merupakan landasan dari sembilan acuan kesejahteraan, di antaranya adalah kedamaian, keramahan, dan kesantunan.

Dibuatnya Lawang Salapan ini juga memiliki makna yang mendalam. Dengan terdirinya Lawang Salapan, kita diingatkan kembali akan konsep Dasakerta yang tertulis dalam naskah kuno Pakuan Pajajaran. Dasakerta sendiri memiliki arti sepuluh hal yang harus dijaga oleh setiap orang, baik secara jasmaniah maupun rohaniah. Hal ini mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesempurnaan dalam hidup kita.

Saat ini, Lawang Salapan telah menjadi salah satu landmark bersejarah yang ada di Kota Bogor. Bangunan ini hadir untuk memperkuat citra Tugu Kujang yang telah berdiri sejak tahun 1982. Selain itu, Lawang Salapan juga mewakili sebuah tepas (teras atau beranda) dari hunian warga Sunda yang selalu terbuka dan ramah menyambut para tamu.

Pembangunan Lawang Salapan ini juga merupakan dukungan dari pemerintah pusat terhadap keberadaan Kota Bogor sebagai kota Pusaka. Selain itu, hal ini juga menunjukkan sikap rendah hati dan ramah dari masyarakat Bogor yang senantiasa "ngalawangan" atau mempersilakan siapapun untuk masuk ke dalam kota ini.

Di puncak Lawang Salapan, terdapat sebuah tulisan yang menjadi semboyan bagi Kota Bogor, yaitu "di nu kiwari ngancik nu bihari, seja ayeuna sampeureun jaga". Tulisan ini mengingatkan kita tentang moto Kota Bogor yang berarti "segala hal di masa kini adalah pusaka masa silam, dan ikhtiar hari ini adalah untuk masa depan".

Lawang Salapan sendiri juga memiliki makna yang mendalam dan kaya akan nilai-nilai budaya. Bangunan ini bukan hanya sekadar landmark atau tempat wisata, namun juga sebagai simbol dari semangat dan kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Bogor. Dengan adanya Lawang Salapan, kita diingatkan akan pentingnya untuk menjaga nilai-nilai luhur dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kota Bogor sendiri memang memiliki sejarah yang kaya dan merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Hal ini juga yang membuat kota ini menjadi pusat peradaban dan pusaka yang berharga bagi masyarakatnya. Dengan adanya Lawang Salapan, semakin memperkuat citra Kota Bogor sebagai kota yang sarat akan budaya dan sejarah yang kaya.

Selain itu, Lawang Salapan juga menjadi tempat yang menyediakan ruang publik yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk beristirahat dan bersantai. Hal ini juga menunjukkan sikap ramah dan hangat dari masyarakat Bogor yang senantiasa menyambut para tamu dengan penuh keramahan dan kehangatan.

Di dalam Lawang Salapan juga terdapat sepuluh tiang yang melambangkan konsep Dasakerta. Tiang-tiang ini juga memiliki makna yang mendalam dan mengingatkan kita akan sepuluh hal yang harus dijaga dalam kehidupan ini. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya untuk menjaga kebersihan baik secara fisik maupun spiritual dalam kehidupan kita.

Jadi, Lawang Salapan merupakan sebuah bangunan yang sarat dengan makna dan nilai-nilai yang kaya. Bangunan ini tidak hanya berfungsi sebagai landmark atau tempat wisata, namun juga sebagai tempat yang menjembatani antara nilai-nilai budaya dan sejarah dengan kehidupan modern saat ini. Lawang Salapan juga menjadi simbol dari semangat rendah hati dan sikap yang ramah yang dimiliki oleh masyarakat Bogor

Sedangkan Tugu Kujang merupakan simbol yang sangat penting bagi masyarakat Kota Bogor. Selain sebagai ikon kota, tugu ini juga menjadikan Kota Bogor semakin terkenal dan menambah daya tarik wisata bagi para pengunjung. Jadi, jika Anda berkunjung ke Kota Bogor, jangan lupa untuk mampir ke Tugu Kujang, sebuah monumen yang mengesankan dengan nuansa sejarah yang kental dan tempat yang menyenangkan untuk berlibur bersama orang-orang terkasih.

VIDEO GALERI

MAKNA TEPAS "LAWANG SALAPAN"/TUGU KUJANG BOGOR [VIDEO KOSONG]


Penjelasan video "MAKNA TEPAS "LAWANG SALAPAN"/TUGU KUJANG BOGOR" oleh mumuhmuhari dengan penjelasan:

Musik: Lifestream Pemusik: Dream Machine URL: https://icons8.com/music makna dan sejarah tepas "LAWANG SALAPAN" TUGU KUJANG BOGOR ikuti terus moment kami menelusuri sejarah yg ada di muka bumi.….

Video berjudul "MAKNA TEPAS "LAWANG SALAPAN"/TUGU KUJANG BOGOR" diunggah oleh mumuhmuhari. Video ini merupakan urutan ke-160 (Seratus enam puluh) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 185 (Seratus delapan puluh lima) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-0 (Kosong) dari artikel ini.

TANYA TANYA SISWA ARTI TULISAN LAWANG SALAPAN [VIDEO SATU]


Penjelasan video "TANYA TANYA SISWA ARTI TULISAN LAWANG SALAPAN" oleh BOGOR RAYA TV dengan penjelasan:

Jangan lupa Like, Comment, & Subscribe ya. Di channel YOUTUBE : BOGOR RAYA TV Follow akun Instagram : @bogorrayatv.

Video berjudul "TANYA TANYA SISWA ARTI TULISAN LAWANG SALAPAN" diunggah oleh BOGOR RAYA TV. Video ini merupakan urutan ke-161 (Seratus enam puluh satu) dari website ini dan telah ditonton oleh lebih dari 340 (Tiga ratus empat puluh) penonton. Video ini juga merupakan video urutan ke-1 (Satu) dari artikel ini.

FOTO GALERI

FOTO KESATU

About the Author

Swante Adi Krisna, S.H.

Collaborator & Editor

Website Programmer Autodidak sejak 2003, Graphic Designer Autodidak sejak 2002, Blogger sejak 2008, Jamaican Music Enthusiast sejak 2005, Gooners sejak 1998, Sarjana Hukum Pidana, dan sekarang Bagian Keluarga Besar Biro Hukum Kementerian Pertahanan.

View All Articles